Get Adobe Flash player

Isi Dokumen yang terdapat pada website ini disalin sesuai dengan Dokumen Aslinya. ======== Dilarang memperjual-belikan seluruh isi konten dari website ini

Pencarian File

Cari Berdasarkan Nama File: 
Cari Berdasarkan Deskripsi File: 

Jumlah Pengunjung

Alamat Redaksi

JL. Medan Merdeka Utara No.9–13
Tromol Pos No. 1020 – Jakarta 10010

Ikuti Info Kami di:

   RSS FEED

Kami akan mengirim update informasi hukum dan peraturan perundang-undangan terbaru ke Facebook anda

Implementasi JDIH 4 Lingkungan Peradilan Wilayah Kalimantan Selatan di PTA Banjarmasin

banjarmasin1

JDIH-BANJARMASIN Rabu(26/03/2014) . "bertempat di aula PTA Banjarmasin diadakan sosialisasi Implementasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) 4 (empat) Lingkungan Peradilan Wilayah Kalimantan Selatan yang dihadiri oleh para operator IT pada masing-masing pengadilan.

Kegiatan Sosialisasi menghadirkan Tim JDIH MA RI, yakni Sarno, S.H., M.H. dan Fajar Firdaus serta Konsultan Website JDIH MA RI Ahmad Hafiludin, S.Kom.

Sarno, S.H., M.H. selaku ketua tim menjelaskan tentang sejarah singkat lahirnya JDIH MA RI adalah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang telah ditindak lanjuti dengan SK KMA Nomor 033A/KMA/SK/II/2012 tentang Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di lingkungan Mahkamah Agung dan 4 (empat) lingkungan peradilan. Biro Hukum dan Humas BUA MA RI telah mengembangkan aplikasi JDIH berbasis website.

Sistem tersebut bertujuan mendayagunakan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sara pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat dan akurat.
Website JDIH berisi aturan-aturan dan perundang-undangan Nasional dan dapat ditambah dengan peraturan di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Yurisprudensi untuk mendukung kinerja Hakim dalam menyelesaikan perkara serta kebijakan masing-masing pengadilan.
Sambutan KPTA Banjarmasin yang diwakili oleh Panitera/Sekretaris H. Ma'sum Umar, S.H., M.H. sekaligus membuka kegiatan sosialisasi dan implementasi secara resmi.

Para peserta diberikan modul pengelolaan website JDIH dalam bentuk buku untuk mempermudah dalam mempelajari tahapan instalasi dan cara pengelolaan website, serta CD kumpulan SK KMA, SEMA Yurisprudensi MA.

Ahmad Hafiludin, S.Kom dan Fajar Firdaus dibantu oleh Tim IT PTA Banjarmasin melakukan pendampingan selama praktikum mulai dari instalasi hingga proses pengujian dan pengelolaan website melalui halaman administrator.

Kegiatan sosialisasi dan implementasi berakhir pada pukul 16.30 WITA dan ditutup oleh Panitera/Sekretaris PTA Banjarmasin. Beliau mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia membagikan ilmu tentang pengelolaan website JDIH, juga kepada seluruh peserta yang telah hadir. Lebih lanjut beliau berpesan untuk menghidupkan website JDIH dengan mengupload SK dan kebijakan-kebijakan pimpinan masing-masing satuan kerja. (TIM JDIH MA-RI & TIM IT PTA BANJARMASIN)